Object Oriented Programing (OOP)

Object oriented progarming (OOP) pada awalnya pemrograman dilakukan dengan memasukan urutan-urutan perintah bahasa mesin kemudian berubah dengan munculnya bahasa tingkat rendah.

Orientasi objek (object oriented) merupakan salah satu dari beberapa paradigma dalam pemrograman. Paradigma ini didasari oleh kelas dan objek. Objek adalah instansi dari kelas, yang mempunyai atribut (kumpulan sifat), dan mempunyai kelakuan(kumpulan reaksi metode). Objek yang satu dapat berkomunikai dengan objek yang lain melalui pesan. Dengan tetap terjaga integritasnya. Kelas mempunyai hirarki. Anggota dari sebuah kelas juga mendapatkan turunan atribut dari kelas diatasnya. Paradigma ini menawarkan konsep modularitas, penggunaan kembali, kemudahan modifikasi. Artinya keuntungan OOP dibandingkan adalah lebih terstruktur, lebih modular, mudah digunakan kembali, lebih tahan pada perubahan, lebih mudah dikembangkan, dan lebih alami.

Dalam paradigma ini masih terkandung dari paradigma imperatif, karena mengkonstruksi dariprogaram dari objek dan kelas adalh tidak berbeda dengan mengkonstruksi program dari struktur data dan algoritma, dengan cara enkapsulasi menjadi kelas. Kedekata antara paradigm ini dengan paradigm lain dapat dilihat dari bahasa-bahasa bukan berorientasi objek murni, yaitu bahasa procedural atau fungsional yang ditambahi dengan ciri orientasi objek. Salah satu aspek penting dalam pemrograma berorientasi objek adalah aspek konkuren. Kerena pada saat runtime akan lahir banyak banyaka (lebih dari satu objek) , dengan kelakuan masing-masing maka aspek konkuren tidak dapat dipisahkan dari pemrograman objek .

Ciri-ciri  OOP adalah :

  • Class (kelas objek) ,
  • Encapsulation (pembungkusan)
  • Inheritance (pewarisan)
  • Polymorphism (kebanyak rupaan)

Keempat hal diatas merupakan syarat sebuah bahasa disebut OOP bila yang hanya dipenuhi adalah class maka disebut sebagai Objeck Base.

Bahasa pemogranman berorientasi objek contohnya: C++, Objec Pascal, Eifel, Smalltalk, Java, Objec Cobol.

Tinggalkan komentar