Pentingnya Anggaran IT dalam KPU

IT merupakan salah satu faktor pendukung  terlaksananya pemilihan umum yang baik pada setiap daerah-daerah yang tersebar luas seperti indonesia ini. seperti yang kita ketahui bahwasnnya indonesia merupakan negara kepulauan yang cukup luas. sangat tidak mungkin apabila tidak memerlukan suatu sitem komputerisasi terhubung dari satu daerah- kedaerah lain  yang selama ini talah kita kenal…jaringan INTERNET.

dengan ini suatu sistem pendataan akan lebih cepat dan efisien…disamping itu tentunya diperlukan perangkat-perangkat TEKNOLOGI INFORMASI yang memang mendukung untuk terlaksananya sistem tersebut dengan baik. dan tidak sedikit anggaran yang telah disiapkadan dikeluarkan oleh KPU untuk masalah ini.

dari data yang saya ambil, dari salah satu media cetak kompas

ia,  menunjukkan data detail terkait pengadaan scanner. Ada 1.028 jumlah scanner yang dianggarkan untuk KPU, KPU provinsi, dan KPU kab/kota dengan nilai DIPA Rp 23.180.000.000. Dengan demikian, rata-rata harga satuannya Rp 22.548.638. Padahal, IMO mendapatkan fakta bahwa harga scanner Fujitsu seri FI 6134 tersebut harganya hanya Rp. 13.904.900. “Dengan kata lain, terdapat potensi pemborosan sebesar sekitar Rp 8,88 miliar atau mencakup 38 persen dari total pagu yang dipatok,” .

Apa yang terjadi pada pembelian scanner ini juga terjadi pada 6 item yang lain, yaitu 604 unit komputer, 5 paket server, 5 unit router, 3.024 buah flash disk 8 GB, 7.560 buah toner cartrige C7115 A, dan 7.560 buah toner cartrige C4096 A. Dari data, ternyata semua item memiliki selisih lebih DIPA dengan harga pasar. “Total selisih tersebut sejumlah Rp 36,53 miliar,”.

wow…spektaculer, mungkin memang angka yang mengejutkan…tetapi mudah-mudahan penggunaaan serta fungsinya tidak mengecewkan untuk masyarakat luas…

dan mudah-mudahan pemilihan umum tahun ini dapat berjalan dengan lancar…Amien..

4 Responses to Pentingnya Anggaran IT dalam KPU

  1. Hariez berkata:

    wuahhh..PERTAMAXXXX… *nyengir mode on* kalo dipikir-pikir ternyata dana anggaran untuk Pemilu lumayan buat ngasih makan 1 kelurahan ya Bro.. 😀

    -salam- ^_^

  2. Mahrus Fauzi berkata:

    bener mas kita harus contreng, jangan golput……

  3. kupatahu28 berkata:

    coba tolong kirim satu kompie nya ke rumah ogut, lagi butuh nih…

  4. bhejho4060 berkata:

    wwaahhh,ternyata banyak juga ya anggaran buat itu???tapi emang dasar manusia yang tidak pernah puasssss….

    salam mercu

Tinggalkan komentar